-->

Cara BackUp Semua Data Di Android Paling Mudah Tanpa PC

Cara BackUp Semua Data Di Android Paling Mudah Tanpa PC

Selamat datang kembali di blog yang sederhana ini, semoga keluar dari sini kalian bisa mendapatka apa yamg kalian cari hari ini saya akan membagikan kepada teman-teman tentang cara melakukan BackUp semua data di android tanpa bantuan PC.

Sebenarnya melakukan BackUp di android bukanlah hal yang sulit di lakukan, tapi mungkin keinginan orang untuk melakukan BackUp terkadang masih stengah-stengah, mungkin karena mereka belum tau ya tentang apa itu BackUp dan pentingkah kita melakukannya? maka dari itu saya akan memberikan sedikit penjelasan, mengenai  apa itu BackUp dan apa pentingnya melakukan BackUp lengkap denga cara melakukannya, silahkan disimak.

Pengertian BackUp

BackUp bisa diartikan sebagai pencadangan/ mencadangkan data, artinya kita melakukan pencadangan terhadap suatu data atau file, sehingga ketika kita kehilangan data data tersebut, kita bisa memanfaatkan data hasil BackUpan tadi.

Menurut wikipedia, dalam teknologi informasi  BackUp adalah proses membuat data cadangan dengan cara menyalin atau membuat arsip data, sehingga data tersebut bisa kembali digunakan saat terjadi kerusakan atau kehilangan.

Fungsi Dan Tujuan BackUp

Dari pengertian diatas, saya kira fungsi BackUp sudah sangat jelas, yaitu mampu menjadi solusi ketika kita kehilangan file atau data yang tersimpan dalam perangkat android atau komputer.

Tujan utama dari BackUp itu senduri adalah untuk mengembalikan data, apabila data tersebut hilang atau rusak, tujuan lain dari BackUp adalah untu mengembalikan data ketitik tertentu pada lalu.

Pentingkah Kita Melakukan BackUp?

Dengan melihat pengertian dan fungsi serta tujuan BackUp diatas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa BackUp memang sangat penting untuk kita lakukan, terlebih lagi ketika kita memiliki data-data yang sifatnya sangat penting.

BackUp data bukanlah hal yang bisa kita anggap remeh dan mengabaikannya begitu saja, diluar sana bahkan ada orang yang bisa stres karna kehilangan datanya. Oleh karena itu, sebelum anda juga terkena stres, segeralah melakukan BackUp dari sekarang.
Nah, oleh karena itu, karna begitu pentingnya kita melakukan BackUp, saya akan membagikan tutorialnya dibawah ini, slahkan disimak baik-baik.

Cara BackUp Semua Data Di Android Paling Mudah Tanpa PC

Sebenarnya untuk melakukan BackUp data di android sangatlah banyak cara yang bisa kita lakukan akan tetapi kali ini saya akan membagika kepada teman-teman cara BackUp yang sangat simpel, dan yang pastinya paling mudah.

1). Cara pertama yaitu dengan akun GOOGLE, cara ini sangatlah mudah untuk kita lakukan, karna kita hanya perlu membuka setting>>Reset Data Pabrik (Disetiap device mungkin berbeda-beda silahkan disesuaikan aja), kemudian nyalakan "Cadangkan Data Saya", maka secara otomatis, data-data anda akan di cadangkan ke akun GOOGLE.

2). Cara kedua yaitu melalui Recovery Mode, saya sarankan sih gunakan cara ini, selain karna mudah dialakukan, juga hasilnya bisa kita lihat dan pindahkan ke tempat yang lebih aman, untuk caranya silahkan simak dibawah ini.
Syaratnya:
* Android yang sudah terinstal Recovery atau Costum Recovery (TWRP/CWM)

Simak langkah-langkahnya:
* Matikan androidnya, kemudian masuk ke Recovery Mode dengan melakukan ritual berdasarkan HP masing-masing, (Baca disini Cara Masuk Mode Recovery Semua HP Lengkap)
* Kalau perlu lakukan wipe cache & dalvik cache dulu.
* Selanjutnya klik pilihan BackUp.
* Pilih file-file yang perlu di backup misalnya boot, data, system, logo dll.
* Kemudian pilih "Swipe untuk BacUp" silahkan tunggu sampai proses BackUpannya selesai
* Setelah Semuanya selesai silahkan reboot kembali android anda, dan selamat data-data anda sudah berhasil di BackUp.
NB: Untuk melihat file hasil BackUpan tadi (jika anda menggunakan TWRP) silahkan buka sdcard/0/TWRP/BACKUP/disini, atau kalau anda menggunakan penyimpanan eksternal, buka di sdcard0/TWRP/BACKUP/disini.
Agar datanya lebih aman lagi silahkan pindahkan ke penyimpanan anda yang lebih aman, misalnya flashdisk atau komputer.

Baca Juga

Sekian dulu tutorial untuk hari ini, nantikan tutorial-tutorial selanjutnya.
Terima Kasih.
Wassalam.

*Sumber: Dari berbagai sumber yang ada.


0 Response to "Cara BackUp Semua Data Di Android Paling Mudah Tanpa PC"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak, No Sara, No Sex, No Phising.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel